Monday, December 24, 2018

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gabus

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gabus. Kali ini admin mau berbagi tips budidaya ikan gabus, yakni tahap persiapan kolam sebelum tebar benih/bibit. Perlu diketahi oleh para petani ikan sekalian yang berminat budidaya, bahwa ikan gabus perawatannya mirip lele. Keunggulan justru dimiliki bibit ikan gabus dibanding bibit lele pada segi daya tahan saat adaptasi. Jadi ikan gabus ini tidak mudah mati saat proses pengiriman, penebaran dan adaptasi air.



Ada sejumlah tahap yang perlu anda tahu dan lakukan sebelum tebar benih budidaya ikan gabus di kolam pembesaran. Saya rasa ada 6 poin utama yang perlu dilakukan, ini berdasarkan pengalaman saja, bukan bersumber dari buku ilmu manapun ya, hehe. Nanti, tips ini dapat anda terapkan dan buktikan apakah juga terbukti di lokasi, alam, jenis air di sekitar anda.

Persiapan Kolam Pembesaran Ikan Gabus

Enam aspek yang perlu diperhatikan sebelum memulai budidaya ikan gabus pembesaran. Kolam, Air, Bibit Ikan Gabus, Penebaran, Perawatan paska tebar. Mari kita kupas satu-satu dimulai dari pemilihan kolam.

Lokasi Kolam

Memilih lokasi budidaya ikan gabus untuk pembesaran. Nah perlu diketahui nih lokasi kolam yang bagus yakni yang terkena full matahari. Minimal matahari pagi-siang, siang saja, siang-sore. Soalnya rawan terkena jamur dan bakteri bila kolam tidak kena sinar matahari. Selain itu sinar matahari juga bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan gabus.

Apabila kolam terkena langsung oleh air hujan, buatlah lubang buang darurat yang apabila air naik 2-5centi langsung bisa dibuang keluar. Pemberian paranet diatas kolam juga bisa meredam air hujan ataupun panas yang berlebihan saat kemarau.

Kolam

Budidaya ikan gabus seperti ikan lele, bisa menggunakan kolam buatan dan bisa panen dengan hasil memuaskan layaknya hasil alam. Kolam seperti apa sajakah yang bagus untuk budidaya ikan gabus?.

Ukuran kolam bibit ikan gabus juga perlu diketahui oleh calon pebudidaya. Padat tebar bibit ikan gabus per 1 meter persegi diangka 200 bibit. Jika anda ingin memulai memelihara 1000 ekor benih ikan gabus bisa menggunakan kolam ukuran 2x3.

Jenis Kolam

Terpal, Tanah, beton bisa digunakan untuk budidaya ikan gabus. Apabila air dari alam sangat mudah ditemukan sebaiknya kolam tanah karena lebih bagus karena habitat ikan ini di lumpur. Kolam terpal dan beton dapat digunakan juga, diluar sana sudah banyak yang panen juga.

Kolam terpal jenis orchid belakangan ini amat diminati karena jenis bahannya yang dikatakan awet sampai 5-10 tahun. Diluar sana banyak yang jual sudah dalam bentuk kolam kotak atau bundar. Bila inat pesan terpal bisa juga kok silahkan hub wa 085743160110 kolam dikirim dari bogor, orchid atau biasa juga ada.

Sterilisasi Kolam

Tahap berikutnya sebelum pembesaran ikan gabus yakni sterilisasi kolam. Pada kolam tanah usahakan predator bibit ikan hilang seperti, ikan predator, kepiting, ular, belut, dll. Pada kolam terpal/ beton yang baru silahkan dibersihkan dinding dan dasarnya dengan gosokan daun pepaya/ gedebok pisang segar. Buang air sisa gosokan, bilas dengan air bersih, dan buang kembali. Isi lagi dengan air yang benar-benar baru insyaAllah sudah steril.

Air

Air punya peran vital dalam setiap budidaya ikan, begitu juga ikan gabus. Akan tetapi anda tidak perlu banyak bekerja pada masalah air bagi bibit ikan gabus. Ingat, bibit ikan gabus amat punya toleransi pada kualitas, jenis, PH, air yang baru ia masuki. Jenis air apa sajakah yang recomended untuk budidaya ikan gabus?.

Jenis Air

Air sumur merupakan jenis air yang sangat dianjurkan untuk isi kolam ikan gabus. Karena air sumur sifatnya adalah air yang mengendap beberapa waktu. Berbeda dengan air pam, air galon, air dari sumur dari dalam tanah, air sumur lebih cocok. Pengganti air sumur bisa pakai air sumur bor yang terkena sinar matahari, didiamkan semalam.

Air alam juga bisa digunakan, air ini pas untuk kolam dengan media tanah. Ikan gabus juga sangat bagus apabila ditaruh dan dibesarkan dengan kolam tanah/ lumpur.

Jangan pakai air hujan, air hujan sangat berbahaya untuk bibit ikan jenis apapun, begitu kata panutan saya. Meskipun bibit ikan gabus punya toleransi bagus sekalipun dengan air hujan, usahakan jangan pakai air hujan/ kena air hujan.

Persiapan Air Sebelum tebar

Saat kolam sudah siap dan steril  masukkan air sumur setinggi 40 cm lalu diamkan satu malam. Tambahkan air sungai 5 ember per kolam. Penambahan air sungai ini karena air ini banyak plankton dan kutu air yang bisa mempercepat persiapan kolam baru.

Bibit Ikan Gabus

Memilih penjual bibit ikan gabus yang terpercaya, punya garansi apabila bibit mati banyak dalam proses pengiriman. Sangat banyak peminat bibit ikan gabus, lokasi ternak ikan gabus kami di Solo, bisa kirim-kirim pakai bus, kereta, travel, pesawat, dan kematian bibit saat tiba dilokasi akan kita ganti. Silahkan masuk sini bila berminat pesan.

Bibit dari kami dijamin sudah full pelet yakni jenis PF500-1000. Ukuran bibit ikan gabus yang sebaiknya ditebar ialah minimal size 4-5. Kami sarankan untuk kelancaran kedepannya, bisa memilih size bibit 5-7 karena sudah lumayan besar dan tidak mudah stress.

Penebaran Bibit Ikan Gabus

Tidak perlu lama dalam mendiamkan air dalam kolam sebelum ditebar benih ikan gabus. Cukup 1 malam saja didiamkan apabila pakai air sumur. Masukkan bibit pada pagi hari diamkan sampai sore. Setelah sore sekitar pukul 17.00 silahkan coba dengan sedikit pakan pelet. Apabila masih malas makan, diamkan saja sampai besok pagi jam 7 kasih pakan lagi insyaAllah sudah lahap.

Perawatan Bibit Saat Adaptasi

Setelah bibit ikan gabus berumur 1-2 minggu akan terlihat perbedaan size. Ada sebagian bibit ikan gabus yang akan tetap kecil dan kurus akibat stress dan tidak mau makan pelet, maunya cacing dan sejenisnya. Sortir atau biarkan sampai mati bibit yang tidak mau makan pelet tersebut. Sebaliknya, bibit yang sehat saat umur seminggu sudah masuk size 7-10.

Setiap satu / dua minggu bisa diganti air setengah saja lalu dimasukkan air sumur setengahnya lagi. Setelah itu bisa ditambahkan dengan 2 serbuk super tetra atau obar jamur ikan Blue sebagai pencegahan jamur dan bakteri. Terimakasih sudah baca artikel Persiapan Kolam Budidaya Pembesaran Ikan Gabus. Selamat mencoba budidaya dan pembesaran ikan gabus !.

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gabus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dodik

0 comments:

Post a Comment